Thursday, May 12, 2011

OTAK KIRI DAN OTAK KANAN

DUA PERLIMA POPULASI DUNIA HANYA MEMAKAI OTAK KIRI. OTAK KIRI BERPERAN DALAM KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS, MENGHITUNG, DAN FUNGSI KOGNITIF LAINNYA SEBAGAI BENTUK BRERFIKIR SERIAL. HANYA SEPERLIMA POPULASI DUNIA YANG MEMANFAATKAN OTAK KANAN SEBAGAI BENTUK BERPIKIR PARAREL, LEBIH HOLISTIK, KREATIF, INTUITIF, DAN IMAJINATIF..


dengan terungkapnya perbedaan belahan otak kiri dan otak kanan telah membuka dimensi baru dalam pengembangan intelegensi, kreativitas, dan potensi otak lainnya sejak dini. sekarang orang mulai berfikir untuk memanfaatkan kehadiran otak kanan, yang ternyata membuat orang hidup lebih luwes dan tidak kaku seperti mesin. bahkan dilapangan kerja justru orang penggunan otak kananlah yang dicari. namun alangkah baiknya bila kita mampu menyeimbangkan antara otak kiri dan otak kanan, karena dengan cara berfikik kita lebih efektik dan optimal.

kita punya dua mata, dua telinga, dua tangan, dan dua pikiran. otak kiri berfikir dalam bentuk kata dan simbol, otak kanan kita berfikir dalam bentuk citra. sisi otak kiri adalah sisi yang lebih banyak digunakan oleh seorang penulis, metematikawan, dan ilmuawan. sisi kanan oleh seniman, perajin, dan musisi. mengingat nama orang adalah fungsi memori kiri, dan mengingat wajah orang adalah fungsi otak kanan. kita coba bayangkan sebuah kereta penumpang yang panjang menempuh jalur relnya. seorang pengamat memandang kedepan ke arah kereta yang melaju dihadapannya. dia melihat bagian kereta yang melintas didepannya, gerbong demi gerbong. jika orang tersebut memiliki indra penglihatan periferal yang baik, dia dapat melihat sebagian dari gerbong yang telah melewatinya dan sebagian dari gerbong yang akan melewatinya.

seorang yang lain memandang kereta yang sama dari pesawat yang terbang yang lebih tinggi di atas kereta api. dia melihat seluruh kereta sekaligus, dari awal sampai akhir. inilah perbedaan anatara dua sisi otak kita tadi. otak kiri memproses potongan-potongan informasi secara berurutan, satu demi satu, dan bit demi bit. seddangkan otak kanan memproses informasi semuanya sekaligus, secara holistik dan intuitif.

namun tanpa kita sadari ternyata sebenarnya kebanyakan orang hidup dengan lebih menghandalkan otak kiri. bahkan jumlah pengguna otak kiri ada sekitar 80 sampai 85 peratus. walaupun sebagian orang lain tidak didominasi otak kiri saja, melainkan campuran antara keduanya. sisanya 15-20persen adalah pengguna otak kanan, namun untuki menjawab mana yang lebih baik atau senbaliknya mana yang lebih jelek, tidak mudah untuk menjawabnya.

supaya lebih jelas lagi, masing-masing sisi otak kiri dan kanan mempunyai fungsi yang berbeda. otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemmapuan menulis, membaca dan juga pusat matematika. sementara otak kanan untuk sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain, serta mengendalaikan emosi...

No comments:

Post a Comment