Thursday, May 12, 2011

YANG LALU BIARLAH BERLALU

larut dalam angan-angan masa lalu, menghayal seandainya itu terulang lagi, dan selalu sedih dengan kejadian menyesakkan dada hanyalah pekerjaan orang bodoh. jika dibiarkan, hal itu bisa memadamkan bara motivasi dan membabat habis harapan masa depan.

tutup rapat mata kita akan kenangan masa lalu yang menyakitkan..sebab kenangan itu telah berlalu dan telahpun usai. tidak ada kesedihan yang dapat menggembalikan masa lalu, tidak ada kesusahan yang dapat memperbaiki masa lalu.

tidak ada duka yang dapat menyembuhkannya lagi. tidak ada kemarahan yang dapat menghidupkan lagi karena ia telah sirna, janganlah kita hidup dalam himpitan masa lalu !! janganlah kita hidup dibawah payung kenagan silam !! selamatkan diri kita dari bayang-bayang masa lalu !! apakah kita ingin  mengembalikan aliran air sungai itu berbalik ke hulu??

dengan khayalan masa lalu, hanyut dalam kesedihan dan penyesalan, membakar diri kita dengan api kenangan, dan melemparkan diri kita dalam cercaan masa lampau hanya akan membuat hidup kita hina, berlumur kesedihan, mengerikan, menakutkan, dan mencekan, tidak ada lagi harapan...

membaca lembaran masa lalu dapat membuyarkan harapan masa depan, mengoyak semangat yang mulai berkobar, dan memperak-porandakan  kesempatan yang sudah ada didepan mata.

semua telah usai dan biarkan berlalu. tidak ada gunanya kita memeriksa nestapa zaman. tidak ada gunanya kitasibuk memutar balik cerita lama. orang yang selalu mengulang masa lalu bagaikan menggiling tepung. namun dia sendiri yang hancur.

kelemahan kita hanyalah karena tidak berani menghadapi masa depan. kita asyik memutar kenangan masa lalu. kita lupa dengan singgasana kita yang begitu elok saat ini. kita hanyut menyesali  bangunan rumah kita yang sudah runtuh dimakan waktu.

manusia seharusnya tidak lagi melihat kebelakang. janganla menoleh kebelakang, karena angin berhembus kedepan, air selalu mengalir ke depan, kafilah juga berjalan ke depan. janganlah kita ingkari garis hidup yang memang sudah begitu ketentuannya...

1 comment: